Jumat, 15 Maret 2024

Apa Itu Propolis? Darimana Diperoleh? Apa Saja Manfaatnya?

 Apa Itu Propolis? Darimana Diperoleh? Apa Saja Manfaatnya?


Propolis adalah bahan herba yang dihasilkan oleh lebah madu. Lebah mengumpulkan propolis dari getah tumbuh-tumbuhan, seperti aliran getah atau tunas pohon. Mereka menggunakan propolis untuk menutupi lubang kecil di sarang, dengan ukuran hingga 6 milimeter. Untuk lubang yang lebih besar, lebah menggunakan malam lebah. Warna propolis tergantung pada sumber tumbuhannya, tetapi biasanya berwarna coklat tua.


Propolis memiliki kandungan zat dan nutrisi yang mirip dengan madu, sehingga baik digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa zat dan nutrisi yang terkandung dalam propolis meliputi:


- Karbohidrat

- Zat besi

- Vitamin B

- Vitamin C

- Vitamin E

- Antioksidan polifenol

- Flavonoid

- Minyak esensial


Propolis memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, antiradang, dan antikanker. Berdasarkan penelitian medis, berikut adalah beberapa manfaat propolis:


1. Menyembuhkan luka di kulit. Propolis telah digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat untuk menyembuhkan luka di kulit, termasuk luka bakar ringan. Kandungan zat di dalam propolis memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang yang mempercepat proses pemulihan luka.

2. Mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Propolis dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Selain itu, propolis membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Mengatasi radang gusi. Propolis digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Beberapa riset menunjukkan bahwa propolis dalam bentuk gel atau obat kumur dapat mencegah dan meringankan masalah radang gusi.


Sumber : dirangkum dari beberapa  tulisan di website kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH RUPIAH

      SEJARAH RUPIAH Uang Rupiah telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Sebelum Rupiah hadir, Pemerintah Indonesia...