STATUS PERWALIAN DAN NASAB ANAK ZINA
Status anak yang dilahirkan diperinci sebagai berikut :
1.Jika dilahirkan lebih dari enam bulan dan kurang dari empat tahun setelah akad nikahnya, maka ada dua keadaan
2.Jika
ada kemungkinan anak tersebut dari suami, karena ada hubungan badan
setelah akad nikah misalnya, maka nasabnya tetap ke suami, berarti
berlaku baginya hukum-hukum anak seperti hukum waris dll. Karena itu
suami diharamkan meli’an istrinya atau meniadakan nasab anak tersebut
darinya (tidak mengakui sebagai anaknya).
3.Jika tidak
memungkinkan anak tersebut darinya seperti belum pernah ada hubungan
badan semenjak akad nikah hingga melahirkan, maka nasab anak hanya ke
istri bahkan wajib bagi suami meli’an dengan meniadakan nasab anak
darinya (tidak mengakui sebagai anaknya). Hal ini untuk menjaga agar
tidak terjadi hak waris kepada anak.
4.Jika dilahirkan kurang
dari enam bulan atau lebih dari empat tahun, maka anak tersebut tidak
bisa dinasabkan kepada suami dan tidak wajib bagi suami untuk meli’an
istrinya. Bagi anak tidak berhak mendapatkan waris karena tidak ada
sebab-sebab yang mendukung hubungan nasab.
Ini berlaku bagi anak
yang dilahirkan laki-laki ataupun perempuan. Berarti bapak sebagai wali
dalam menikahkan anak perempuannya jika diakui nasabnya dan hakim
sebagai walinya jika tidak diakui nasabnya.
Perlu diperhatikan,
walaupun status anak tidak bisa dinisbatkan kepada suami, tetap
dinyatakan mahram baginya dikarenakan dia menjadi suami ibunya yang
melahirkannya (bapak tiri) jika telah berhubungan badan dengan ibu yang
melahirkannya.
CATATAN : Perempuan yang hamil di luar nikah jika
dinikahkan dengan laki-laki yang berhubungan badan dengannya atau yang
lainnya dengan tujuan menutupi aib pelaku atau menjadi ayah dari anak
dalam kandungan, maka haram hukumnya dan wajib bagi penguasa membatalkan
acara itu. Bagi yang menghalalkan acara itu dengan tujuan tersebut di
atas, dihukumi keluar dari agama islam dan dinyatakan murtad (haram
dishalati jika meninggal, dan tidak dikubur dimakam islam) karena adanya
penipuan nasab dengan berkedok agama sehingga mengakui bayi yang lahir
sebagai anaknya padahal diluar nikah, mendapatkan warisan padahal
sebenarnya bukan dzawil furudh, menjadi wali nikah jika yang lahir
perempuan padahal bukan menjadi ayahnya yang sebenarnya (berarti
nikahnya tidak sah), atau anak yang lahir menjadi wali nikah dari
keluarga laki-laki yang mengawini ibunya, bersentuhan kulit dengan
saudara perempuan laki-laki itu dengan berkeyakinan tidak membatalkan
wudlu’ dst.
[3] بغية المسترشدين ص235 – 236
( مسئلة ي ش )
نكح حاملا من الزنا فولدت كاملا كان له أربعة أحوال إما منتف عن الزوج
ظاهرا وباطنا من غير ملاعنة وهو المولود لدون ستة أشهر من إمكان الإجتماع
بعد العقد أو لأكثر من أربع سنين من آخر إمكان الإجتماع وإما لاحق به وتثبت
له الأحكام إرثا وغيره ظاهرا ويلزم نفيه بأن ولدت لأكثر من الستة وأقل من
الأربع السنين وعلم الزوج أو غلب على ظنه أنه ليس منه بأن لم يطأ بعد العقد
ولم تستدخل ماءه أو ولدت لدون ستة أشهر من وطئه أو لأكثر من أربع سنين منه
أو لأكثر من ستة أشهر بعد استبرائه لها بحيضه وثم قرينة بزناها ويأثم
حينئذ بترك النفي بل هو كبيرة وورد أن تركه كفر وإما لاحق به ظاهرا أيضا
لكن لا يلزمه نفيه إذا ظن أنه ليس منه بلا غلبة بأن استبرأها بعد الوطء
وولدت به لأكثر من ستة أشهر بعده وثم ريبة بزناها إذ الاستبراء أمارة ظاهرة
على أنه ليس منه لكن يندب تركه لأن الحامل قد تحيض وإما لاحق به ويحرم
نفيه بل هو كبيرة وورد أنه كفر إن غلب على ظنه أنه منه أو استوى الأمران
بأن ولدت لستة أشهر فأكثر إلى أربع سنين من وطئه ولم يستبرئها بعده أو
استبرأها وولدت بعده بأقل من الستة بل يلحقه بحكم الفراش كما لو علم زناها
واحتمل كون الحمل منه أو من الزنا ولا عبرة بريبة يجدها من غير قرينة
فالحاصل أن المولود على فراش الزوج لاحق به مطلقا إن أمكن كونه منه ولا
ينتقي منه إلا بللعان والنفي تارة يجب وتارة يحرم وتارة يجوز ولاعبرة
بإقرار المرأة بالزنا وإن صدقها الزوج وظهرت أماراته .
إعانة الطالبين – (ج 3 / ص 327)
(قوله:
لا مخلوقة من ماء زناه) أي لا يحرم نكاح مخلوقه من ماء زناه: إذ لا حرمة
لماء الزنا لكن يكره نكاحها خروجا من خلاف الامام أبي حنيفة رضي الله
عنه.ومثل المخلوقة من ماء الزنا المخلوقة من ماء استمنائه بغير يد حليلته
والمرتضعة بلبن الزنا، وإن أرضعت المرأة بلبن زنا شخص بنتا صغيرة حلت له،
ولا يقاس على ذلك المرأة الزانية، فإنها يحرم عليها ولدها بالاجماع.والفرق
أن البنت انفصلت من الرجل وهي نطفة قذرة لا يعبأ بها، والولد
انفصل من المرأة وهو إنسان كامل
[4] مصنف ابن أبي شيبة – (ج 8 / ص 374(
(21)
مسألة النكاح بغير ولي (1) حدثنا معاذ بن معاذ قال أخبرنا ابن جريح عن
سليمان بن موسى عن الزهري عن عروة عن عائشة قالت : قال رسول الله (ص) :
(أيما امرأة لم ينكحها الولي أو الولاة فنكاحها باطل – قالها ثلاثا – فإن
أصابها فلها مهرها بما أصاب منها ، فإن تشاجروا فإن السلطان ولي من لا ولي
له).
[5] بغية المسترشدين ص 249 – 250
( مسئلة ) ملخصة مع
زيادة من الإكسير العزيز للشريف محمد بن أحمد عنقاء في حديث الولد للفراش
الخ إذا كانت المرأة فراشا لزوجها أو سيدها فأتت بولد من الزنا كان الولد
منسوبا لصاحب الفراش لا إلى الزاني فلا يلحقه الولد ولا ينسب إليه ظاهرا
ولا باطنا وإن استلحقه ومن هنا يعلم شدة ما اشتهر أنه إذا زنى شخص بإمرأة
وأحبلها تزوجها واستلحق الولد فورثه وورثه زاعما سترها وهذا من أشد
المنكرات الشنيعة التي لا يسع أحدا السكوت عنها فإنه خرق للشريعة ومنابذة
لأحكامها ومن لم يزله مع قدرته بنفسه وماله فهو شيطان فاسق ومداهن منافق
وأما فاعله فكاد يخلع ربقة الإسلام لأنه قد أعظم العناد لسيد الأنام مع ما
ترتب على فعله من المنكرات والمفاسد منها حرمان الورثة وتوريث من لا شيء له
مع تخليد ذلك في البطون بعده ومنها أنه صير ولد الزنا باستلحاقه كابنه في
دخوله على محارم الزاني وعدم نقض الوضوء بمسهن أبدا ومنها ولايته وتزويجه
نساء الزاني كبناته وأخوته ومن له عليها ولاية من غير مسوغ فيصير نكاحا بلا
ولي فهذه أعظم وأشنع إذ يخلد ذلك فيه وفي ذريته ويله فما كفاه أن ارتكب
أفحش الكبائر حيث زنى حتى ضم إلى ذلك ما هو أشد حرمة منه وأفحش شناعة وأي
ستر وقد جاء شيئا فريا وأحرم الورثة وأبقاه على كرور الملوين وكل من استحل
هذا فهو كافر مرتد خارج عن دين الإسلام فيقتل وتحرق جيفته أو تلقى للكلاب
وهو صائر إلى لعنة الله وعذابه الكبير فيجب مؤكدا على ولاة الأمور زجرهم عن
ذلك وتنكيلهم أشد التنكيل وعقابهم بما يروعهم وقد علم بذلك شدة خطر الزنا
وأنه من أكبر الكبائر ( مسئلة ي ) حملت إمرأة وولدت ولم تقر بالزنا لم
يلزمها الحد إذ لا يلزم الحد إلا ببينة أو إقرار أو لعان زوج أو علم السيد
بالنسبة إلى قنة إذ قد توطأ المرأة بشبهة أو وهي نائمة أو سكرانة بعذر أو
مجنونة أو مكرهة أو تستدخل منيا من غير إيلاج ونحو ذلك فتحبل منه ولا يوجب
حدا للشبهة فعلم أن كل امرأة حملت وأتت بولد إن أمكن لحوقه بزوجها لحقه ولم
ينتف عنه إلا باللعان وإن لم يكن كأن طالت غيبة الزوج بمحل لا يمكن
اجتماعهما عادة كان حكم الحمل كالزنا بالنسبة لعدم وجوب العدة وجوز انكاحها
وطئها وكالشبهة بالنسبة لدرء الحد والقذف واجتناب سوء الظن نعم إن كانت
قليلة الحياء والتقوى كثيرة الخلوة بالأجانب والتزين لهم وتحدث الناس
بقذفها عزرها الإمام بما يزجر أمثالها عن هذا الفعل
Secara spesifik sebenarnya ada lima pendapat berbeda tentang hukum menikahi wanita pezina :
1. Mutlak tidak sah
Didukung
oleh Ali, Aisyah, dan Bara’ ibn ‘Azib. Serta masing-masing satu riwayat
Abu Bakar, Umar, Ibnu Mas’ud, dan Hasan Bashri (al-Hawi al-Kabir
9/492-493, al-Mughni Ibnu Qudamah 7/518, Tafsir al-Alusi 13/326).
Pandangan ini didasarkan pada QS. An-Nur: 3, yakni
الزَّانِي لَا
يَنْكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لَا يَنْكِحُهَا
إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ وَحُرِّمَ ذَلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ
“Laki-laki
yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau
perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini
melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang
demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin.”
2. Mutlak sah
Didukung oleh asy-Syafi’ie dan madzhabnya (al-Hawi al-Kabir 9/497-498). Kalangan Syafi’iyah berargumen pada ayat 24 QS. An-Nisa:
وَأُحِلَّ لَكُمْ مَا وَرَاءَ ذَلِكُمْ
“Dan dihalalkan bagi kamu selain yang demikian.”
Ayat
an-Nisa itu turun setelah menjelaskan wanita-wanita yang haram
dinikahi. Dengan demikian selain wanita yang telah disebutkan halal
untuk dinikahi, termasuk wanita yang berzina. Dikuatkan dengan sabda
Nabi SAW:
لَا يُحَرِّمُ الْحَرَامُ الْحَلَالَ
“Sesuatu yang haram tidak bisa mengharamkan/menjadikan mahram pada (orang) yang halal” (HR. ibnu Majah dan Baihaqi).
Abu Bakar berkata: Bila seseorang menzinai wanita lain maka tidak haram bagi orang itu untuk menikahinya.
Sedangkan mengenai Surat an-Nur ayat 3, al-Mawardi (al-Hawi al-Kabir 9/494) menyebut ada tiga takwilan terhadap ayat ini:
-
Ayat itu turun khusus pada kisah Ummu Mahzul, yakni ketika ada seorang
laki-laki meminta izin Rasulullah akan wanita pelacur bernama Ummu
Mahzul.
- Ibnu Abbas mengartikan kata ‘yankihu’ dengan
‘bersetubuh’, sehingga maksud ayat tersebut: “Laki-laki yang berzina
tidak bersetubuh melainkan (dengan) perempuan yang berzina…dst.”
- Menurut Sa’id ibn Musayyab telah dinasakh oleh QS. An-Nisa ayat 3:
فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ
“Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi.”
3. Sah dengan syarat selama menikah tidak berhubungan badan dengan istri sampai dia melahirkan
Didukung oleh Abu Hanifah dalam satu riwayat (asy-Syarh al-Kabir 7/502-503, al-Hawi al-Kabir 9/497-498).
Abu Hanifah berargumen meskipun sah dinikahi, tapi tidak boleh disetubuhi sebelum melahirkan. Termaktub dalam hadits:
لَا تَسْقِ بِمَائِكَ زَرْعَ غَيْرِكَ
“Tidak
halal bagi seorang yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk
menyiramkan air (mani)nya ke tanaman [35] orang lain” (HR. Abu Dawud dan
Ahmad).
4. Sah dengan syarat menikahnya dilakukan setelah wanita melahirkan (istibra’)
Didukung
oleh Rabi’ah, Sufyan Tsauri, Malik, Auza’ie, Ibnu Syubrumah, Abu Yusuf,
dan Abu Hanifah dalam riwayat yang lain (al-Hawi al-Kabir 9/497-498,
asy-Syarh al-Kabir 7/502-503). Mereka berpendapat wanita hamil zina
memiliki iddah sehingga haram dinikahi sebelum selesai iddahnya. Dalil
mereka adalah QS. Ath-Thalaq ayat 4:
وَأُولَاتُ الْأَحْمَالِ أَجَلُهُنَّ أَنْ يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّ
“Dan perempuan-perempuan yang hamil itu ‘iddah mereka sampai mereka melahirkan.”
Disebutkan juga dalam hadits:
أَلَا لَا تُوطَأُ حَامِلٌ حَتَّى تَضَعَ وَلَا غَيْرَ ذَاتِ حَمْلٍ حَتَّى تَحِيضَ
“Ingatlah,
tidak disetubuhi wanita hamil hingga ia melahirkan dan tidak juga pada
wanita yang tidak hamil sampai satu kali haidh” (HR. Abu Dawud, Ahmad
dan Ad-Darimi).
5. Sah dengan syarat menikahnya dilakukan setelah wanita istibra’ plus telah bertaubat
Didukung oleh Abu Ubaidah, Qatadah, Ahmad ibn Hanbal, dan Ishaq (al-Hawi al-Kabir 9/492-493, Tafsir Ibnu Katsir 6/9-10).
Ibnu
Qudamah (Syarhu Kabir 7/504) menjelaskan bahwa sesuai bunyi terakhir
ayat 3 surat An-Nur, ‘wa hurrima dzalika ‘alal mukminin’, keharaman
menikahi pezina diperuntukkan bagi orang mukmin (yang sempurna).
Sehingga ketika telah bertaubat dari zina leburlah dosa, kembali menjadi
bagian dari orang-orang mukmin, dan hukum haram baru bisa terhapus.
Sebagaimana hadits:
التائب من الذنب كمن لا ذنب له
“Seorang yang telah bertaubat dari dosa itu layaknya tidak ada dosa padanya” (HR. Hakim, Ibnu Majah, Thabrani, dan Baihaqi).
Ibnu
Umar pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang berzina dengan
seorang perempuan, apakah boleh dia menikahinya ? Jawab Ibnu Umar, “Jika
keduanya telah bertaubat dan keduanya berbuat kebaikan (yakni beramal
shalih)” (Al-Muhalla 9/ 475).
Dalam hal ini tidak ada perbedaan
apakah wanita tersebut dinikahi oleh laki-laki yang menzinai ataupun
orang lain. Dari sudut pandang Syafi’iyah karena hamil hasil zina tidak
ada kehormatan apapun yang perlu dijaga seperti percampuran nasab. Dari
perspektif ulama lainnya karena telah disyaratkan tidak adanya hubungan
badan. Tersebut dalam Bughyah :
(مسألة : ي ش) : يجوز نكاح الحامل من الزنا سواء الزاني وغيره ووطؤها حينئذ مع الكراهة.
الكتاب : بغية المسترشدين ص419
Juga dalam Mughni Ibnu Qudamah :
فصل : وإذا وجد الشرطان حل نكاحها للزاني وغيره
[ المغني - ابن قدامة ] ج7 ص518
Jadi
jika melihat kembali pada kasus awal, apakah nikahnya harus diulang ?
Maka jawabannya jelas tidak. Sebab menurut Syafi’iyah dan satu riwayat
Abu Hanifah nikahnya telah sah sejak awal. Wallahu a’lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar