Jumat, 15 Maret 2024

PEMBAGIAN RASM

 PEMBAGIAN  RASM


Melihat dari spesifikasi cara penulisan kalimat-kaliamt arab, rasm dibagi menjadi 3 macam:


1. Rasm Qiasi/imlai


Ialah penulisan menurut kelaziman pengucapan/pertuturan artianya Menulis kalimat sesuai dengan ucapannya dengan memperhatikan waktu memulai dan berhenti pada kalimat tersebut. Kecuali nama huruf hijaiyyah, seperti ق tidak ditulis  قافakan tetapi tetap dengan ق.


Menurut Al-Zarqani  dengan mengatakan bahwa rasm Imla’I diperlukan untuk menghindarkan ummat dari kesalahan membaca Al-Qur’an, sedangkan rasm Utsmani di perlukan untuk memelihara keaslian mushaf Al-Qur’an. Tampaknya, pendapat ini lebih moderat dan lebih sesuai dengan kondisi ummat, disatu pihak mereka ingin melestarikan rasm Utsmani, sementara dipihak lain mereka menghendaki dilakukannya penulisan Al-Qur’an dengan rasm Imla’I untuk memberikan kemudahan bagi kaum muslimin yang kemungkinan mendapat kesulitan membaca  Al-Qur’an dengan rasm Utsmani.


2. Rasm ‘Arudi


ialah cara menuliskan kalimat-kalimat arab disesuaikan dengan wazan dalam syair-syair arab .hal itu dilakukan untuk mengetahui “bahr” (Nama macam Syair) dari syair tersebut, contohnya seperti:


   وليل كموج البحر ار خي سدو له    sepotong sya’ir imri’il Qais tersebut jika ditulis akan berbentuk  وليلن كموج البح ر ار خي سدو لهو sesuai dengan wazan  (فَعُو لُن مفا عيلن فعولن مفا عيلن ) sebagai timbangan syair yang mempunyai “Bahar Tawil”


3. Rasm Usmani


adalah Cara penulisan kalimat-kalimat alquran yang telah disetujui  oleh sahabat Usman bin affanpada wkatu penulisan mushaf. Rasm Usmani Menjadi salah satu cabang ilmu pengetahuan yang bernama Ilmu Rasm Usmani. Ilmu ini didefinisikan sebagai ilmu untuk mengetahui segi-segi perbedaan antara rasm usmani dan kaidah-kaidah rasm istilahi (rasm yang biasa memperhatikan kecocokan antara tulisan dan ucapan, berikut contoh perbedaan antara rasm usmani dengan rasm istilahi:


Dalam rasm utsmani


 Lafaz (الصلاة) ditulis (الصلوة)


 Lafaz (الزكاة) ditulis (الزكوة)


Lafaz (الحياة) ditulis (الحيوة)


lafaz (لايستوون) ditulis (لايستون)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH RUPIAH

      SEJARAH RUPIAH Uang Rupiah telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Sebelum Rupiah hadir, Pemerintah Indonesia...