Jumat, 15 Maret 2024

TAHAPAN PENULISAN AL QURAN

 TAHAPAN PENULISAN AL QURAN


Dalam penulisan alQuran masa dulu, ada beberapa tahapan tertentu yang perlu kita ketahui yaitu:


1. Belum meletakan tanda apapun dalam penulisan


2. Pemberian titik dan baris dilakukan dalam 3 fase:


Fase pertama, ialah di masa Khalifah muawiyyah bin abi sufyan, beliau  menugaskan Abu aswad Ad-dualy untuk meletakan tanda baca (I’rab) pada tiap kalimat dalam bentuk titik untuk menghindari kesalahan dalam  membaca.


Fase kedua, ialah pada zaman  Abdul malik bin marwan (65H) khalifah kelima dinasti umayyah itu menugaskan salah seorang gubernur masa itu, Al Hajjaj bin yusuf untuk memberikan titik sebagai pembeda antara satu huruf dengan lainnya misalnya huruf BA dengan satu titik dibawah, TA dengan dua titik diatas dan TSA dengan tiga titik diatas, pada masa itu alhajjaj dibantu oleh Nashr bin’Ashim dan Hay bin Ya’mar


Fase ketiga, adalah pada masa pemerintahan dinasti  Abbasyiyah, alQuran mulai diberikan tanda baris berupa dhommah, fathah, kasroh dan sukun untuk memperindah dan memudahkan umat islam dalam membaca alQuran, Pemberian tanda baris ini mengikuti cara pemberian baris yang telah dilakukan oleh khalil bin ahmad Al Farahidy, seorang ensiklopedi bahasa arab terkemuka kala itu, menurut sebuah riwayat, khalil bin ahmad juga yang memberikan tanda hamzah, tasydid, dan isymam.


3. Pemberian tanda baca tajwid


Pada masa khalifah Al makmun, para ulama selanjutnya berijtihad untuk semakin mempermudah orang untuk membaca dan menghafal alQuran, hususnya bagi orang yang selain arab, dengan menciptakan tanda-tanda baca tajwid yang berupa isymam, rum dan mad.


4. Pemberian tanda pada tulisan alQuran


Membuat tanda lingkaran bulat sebagai pemisah ayat, mencantumkan nomer ayat didalamnya,  tanda-tanda waqof, ibtida, menerangkan identitas surah diawal setiap surah yang terdiri atas nama, tempat turun, jumlah ayat dan jumlah ‘ain, Memberikan Tajzi (tanda pemisah antara satu juz dengan juz berikutnya) dan tanda untuk menunjukan isi yang berupa seperempat, seperlima, sepersepuluh, setengah juz dan juz itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH RUPIAH

      SEJARAH RUPIAH Uang Rupiah telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Sebelum Rupiah hadir, Pemerintah Indonesia...