Jumat, 15 Maret 2024

TIPS MINUMAN SEHAT UNTUK BERBUKA

 TIPS MINUMAN SEHAT UNTUK BERBUKA 


Setelah seharian berpuasa, kita perlu kembali menghidrasi tubuh dengan banyak minum. Berikut adalah beberapa jenis minuman sehat yang direkomendasikan untuk buka puasa, karena tidak hanya menghidrasi tubuh, tapi juga memiliki beragam manfaat tambahan, seperti memasok energi, mengisi elektrolit yang hilang selama berpuasa, dan mendukung proses detoksifikasi.


Saat berbuka puasa, sebaiknya membatalkannya diawali dengan 2 gelas air putih terlebih dulu, setelahnya, bisa lanjut:


1) Air kelapa

Air kelapa mampu mengisi kembali elektrolit tubuh yang hilang selama berpuasa. Beragam jenis elektrolit yang terkandung pada air kelapa berperan penting untuk menjaga kerja sistem saraf, kontraksi otot, dan menjaga keseimbangan pH tubuh.


2) Jus buah dan smoothies

Ada beragam jenis buah dengan kandungan air tinggi yang bisa diolah menjadi jus, seperti semangka, melon, dan blewah. Sedangkan untuk membuat smoothies, bisa memilih buah berry, pisang, apel, mangga, atau nanas. Tidak hanya menghidrasi, buah juga kaya kandungan nutrisi penting seperti serat, vitamin, dan mineral. Hindari menambahkan gula, susu kental manis atau pemanis buatan berlebihan pada jus buah atau smoothies untuk manfaat yang lebih maksimal.


3) Infused Water

Infused water adalah minuman yang terbuat dari campuran air putih dengan buah-buahan atau rempah seperti lemon, jeruk nipis, stroberi, daun mint, dan kayu manis. Tidak hanya menghidrasi, infused water yang ditambah buah juga bisa membantu meningkatkan energi, membantu penurunan berat badan dan proses detoksifikasi racun dalam tubuh.


4) Susu

Kandungan protein dalam susu bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang, sehingga terhindar dari resiko peningkatan berat badan akibat makan secara berlebihan saat berbuka puasa.

-

Nah, itu adalah beberapa pilihan minuman sehat untuk buka puasa. Yang mana favoritmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEJARAH RUPIAH

      SEJARAH RUPIAH Uang Rupiah telah menjadi bagian dari sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Sebelum Rupiah hadir, Pemerintah Indonesia...